Tips Mencegah Stroke Dengan Jantung Pisang

.
Jantung pisang  bisa cegah stroke, serangan jantung dan diabetes

Tips Mencegah Stroke Dengan Jantung Pisang - Mungkin kita sering menggunakan atau mengkonsumsi jantung pisang hanya alakadarnya saja, dari pada di buang, atau yah mungkin fulus sedang tidak memihak kepada kita alias rijki lagi seret, baru kita mengkonsumsi jantung pisang. padahal apabila kita konsumsi dengan baik akan membawa manfaat yang luar biasa, maka mulai sekarang jangan anggap enteng jantung pisang sebab ternyata janatung pisang bisa mencegah stroke,serangan jantung dan diabetes.


Tips Mencegah Stroke Dengan Jantung Pisang - Kita jangan meremehkan manfaat dari jantung pisang ini, jantung pisang memiliki nutrisi sangat tinggi. Tiap 25 gram jantung pisang, mengandung 31 kkal kalori, 7.1 gram karbohidrat, 0.3 gram lemak, dan 1.2 gram protein. Selain itu, ada kandungan mineral (fosfor, kalsium, dan zat besi) serta vitamin (A, B1, dan C), dan serat pangan.

Tips Mencegah Stroke Dengan Jantung Pisang - Jantung pisang baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak karena rendah lemak dan memberi rasa kenyang lebih lama. Penderita diabetes juga bisa makan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. 

Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran. Juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah).

Memang benar tidak semua jenis Jantung Pisang enak dimakan. Jantung pisang ambon rasanya pahit karena memiliki kadar tannin tinggi. Gunakan jantung dari pisang jenis pisang siam, kepok, dan klutuk (batu).

Jenis Pisang ini memiliki kadar protein lebih tinggi dari pisang lainnya. Protein yang di hasilkan Jantung pisang ini menimbulkan rasa gurih yang dapat mengalahkan rasa pahit dari tannin. Untuk rasa yang paling enak, pilihlah jantung pisang batu.

Jantung pisang dapat dimakan sebagai lalap maupun dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Seperti urap, pecel, gulai, lodeh, pepes, tumisan sampai dengan beragam bumbu.

Jantung pisang rebus rasanya tawar dan berair, enaknya dimakan sebagai lalap dan dicocol dengan sambal. Karena berserat dan empuk, jantung pisang biasanya menjadi kuliner alternatif pengganti daging bagi para vegetarian.

Dan yang terpenting tentunya mencegah penyakit tidak hanya dengan mengkonsumsi suatu makanan tapi tetnunya pola makan yang baiklah yang akan bisa mencegah kita dari berbagai penyakit, sebab kebanyakn timbulnya penyakit di sebabkan oleh pola makan yang salah.

Sumber : Laurencius1.blogspot.com

Daftar Isi

2 comments: