Bahaya Menyimpan Dendam Terhadap Kesehatan

.
Bahaya Menyimpan Dendam Terhadap kesehatan - Dendam terhadap kesehatan sangatlah berbahaya maka jauhilah perasaan dendam jangan sampai tersimpan dalam hati kita, sebab bisa menimbulkan efek kurang baik untuk kesehatan. Perasaan dendam dapat di akibatkan karena kita kurang bisa maafkan orang lain yang mungkin membuat kita sakit hati. Perasaan dendam seanatiaasa berperasan negatif berakibat buruk bagi kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan dan frustasi.

Bahaya Menyimpan Dendam Terhadap kesehatan - Perasaan dendam dapat menggangu sistem hormonal dan kekebalan pada tubuh, orang pendendam tentunya menyimpan rasa marah dan ini dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tidak normal sehingga bisa berpotensi kena penyakit jantung yang dapat menimbulkan kematian secara mendadak.

Secara fisiologis, ketika kita sakit hati terhadap seseorang, tubuh kita secara naluriah mempersiapkan diri untuk melawan orang itu, yang mengarah ke perubahan seperti peningkatan tekanan darah. “Kita merasakan panas seperti sistem inflamasi untuk merespon bahaya dan ancaman,” kata Raison, direktur klinis Program Mind-Body di Emory.

Coba kita bayangkan apabila setiap hari kita punya rasa dendam tehadap seseorang sehingga tentunya tekanan darah naik setiap saat sehingga itu dapat membahayakan terhadap tubuh. Tapi masalah dengan dendam adalah bahwa hal itu berjalan dan terus. Ketika tubuh kita terus-menerus prima untuk melawan seseorang, peningkatan tekanan darah dan bahan kimia seperti protein C-reaktif akhirnya mengambil korban pada jantung dan bagian lain dari tubuh. 



Supaya kita tehindar dari bahaya dendam maka kita sekuat tenaga harus menghindari dari rasa dendam sebab seain perbuatan tersebut di larang oleh agama juga dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Tidak ada cara lain yang terbaik untuk menghindari rasa dendam dalam diri kita selain dengan pemberian maaf kepada seseorang yang telah menyakiti kita dan kembalikan kepada diri, kenapa mereka menyakiti kita, mungkin ada yang kurang baik dalam diri kita sehingga orang lain berbuat kurang baik terhadap kita.


0 comments:

Post a Comment