Apa Itu Penyakit Stroke ?

.
Apa Itu Penyakit Stroke ? - Stroke merupakan penyakit defisit neurologis yang bersifat mendadak. Penyebabnya adalah gangguan pada aliran pembuluh darah di otak. Penyebabnya adalah gangguan pada aliran pembuluh darah di otak. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terganggunya aliran darah di otak adalah terbentuknya sumbatan pada pembuluh darah (stroke iskemik) maupun pecahnya pembuluh darah (stroke pendarahan), yang sama-sama dapat menyebabkan aliran darah ke otak terhenti dan muncul gejala kematian jaringan otak.

Jenis - Jenis Stroke


Stroke dibagi menjadi dua jenis yaitu stroke iskemik maupun stroke hemorragik. Sebuah prognosis hasil sebuah penelitian dikorea menyatakan bahwa. 75% stroke iskemik diderita oleh pria dengan [revelensi hipertensi, merokok, dan konsumsi alkohol. Berdasarkan sistem TOAST, komposisi terbagi menjadi 20,8% LAAS, 17,4% LAC, 18,1% CEI, 16,8% UDE dan 26,8% ODE.

Deteksi secepatnya dalam masa 'Golden Period' beberapa jam setelah serangan stroke sangat berarti bagi kesehatan pasien pasca stroke. Penderita Stoke Iskemik, karena penyumbatan harus diberikan obat pengencer darah untuk melancarkan sumbatan dalam waktu tidak lebih dari 3 jam setelah serangan stroke.Sedangkan stroke hemorragik dimana terjadi pendarahan harus segera dilakukan pembedahan untuk membersihkan darah dari otak. Jika terlambat penangananya, maka pasien akan menderita pasca stroke yang lebih berat.
  • Stroke Hemorragik
Kasus Stroke Hemorragik, pembuluh dara pecah sehingga menghampat aliran darah yang normal dan darah merembes kedalam suatu daerah di otak kemudian merusaknya. Pendarahan dapat terjadi diseluruh bagian otak seperti caudate putamen, talamus, hipokampus, frontal, parietal, occipital cortek, hipota;amus, area supraklamastik, cedebellum, pons, dan midbrain. Hampir 70 persen kasus sroke hemorragik menyerang penderita hipertensi.

  • Stroke Iskemik
Dalam sroke iskemik, penyumbatan bisa terjadi disepanjang jalur pembuluh darah arteri yang menuju ke otak. Darah ke otak disuplai oleh dua arteria katoris interna dan dua arteri vertebralis. Arteri carotis interna merupakan cabang dari artei carotis communissedangkan arteri vertebralis merupakan cabang dari arteri subclavia.

Faktor Penyebab Stroke


  • Usia 
Dari berbagai penelitian, diketahui bahwa usia semakin tua semakin besar pula resiko terkena stroke. Hal ini berkaitan dengan prosess degenerasi (penuaan) yang terjadi secara alamiah. Pada orang - orang lanjut usia, pembuluh darah lebih kaku karena adanya plak. 
  • Jenis Kelamin
Laki - laki memiliki resiko lebih besar untuk terkena stoke dibanding perempuan. Hal ini mungkin terkait bahwa laki-laki cenderung merokok. Rokok dapat merusak lapisan dari pembuluh darah tubuh.
  • Herediter
Terkait denarga, orang dengan riwayat stroke pada keluarga, orang yang dengan riwayat stroke pada keluarga memiliki resiko lebih besar untuk terkena penyakit stroke dibanding orang yang tanpa riwayat stroke pada keluarga.
  • Ras atau Etnis
Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa ras kulit putih memiliki peluang yang lebih besar daripada ras kulit hitam.
  • Hipertensi
Orang yang tekanan darahnya tinggi, mempunyai peluang besar untuk mengalami stroke. Bahkan, ini salah satu penyebab stroke terbesar didunia. Alasanya, dalam hipertensi dapat terjadi gangguan aliran darah tubuh yaitu diameter pembuluh darah kelak akan mengecil sehingga suplai darah ke otak berkurang, dengan pengurangan aliran darah ke otak, maka otak akan kekurangan suplai oksigen dan glukosa sehingga jaringan otak lama-lama akan mati.
  • Penyakit Jantung
Penyakit jantung seperti jantung koroner dan infark miokard ( kematian otot jantung, bisa menjadi faktor terbesar penyebab stroke). Seperti yang kita ketahui bahwa pusat dari aliran darah di tubuh terletak di jantung. Jika pusat pengaturan darah mengalami kerusakan, maka aliran darah ke tubuh mengalami gangguan, termasuk aliran darah ke otak. Gangguan aliran darah itu bisa mematikan jaringan otak secara mendadak ataupun bertahap.
  • Diabetes Mellitus
Diabetes mellitus atau kencing manis memiliki resiko mengalami stroke. Hal ini terkait dengan pembuluh darah penderita diabetes yang umumnya lebih kaku. Adanya peningkatan ataupun penurunan kadar glukosa darah secara tiba-tiba juga dapat menyebabkan kematian otak.
  • Hiperkolesterolemia
Hiperkolesterolamia merupakan keadaan ketika kadar kolesterol didalam darah berlebih. LDL yang berlebih akan mengakibatkan terbentuknya plak pada pembuluh darah yang lama-kelamaan akan semakin banyak dan menumpuk sehingga mengganggu aliran darah.
  • Obesitas
Kegemukan merupakan salah satu faktor resiko stroke. Hal tersebut terkait dengan tingginya kadar lemak dan kolesterol dalam darah. yaitu kadar LDL lebih tinggi dibanding kadar HDL.
  • Merokok
Dari hasil berbagai penelitian orang-orang yang merokok ternyata memiliki kadar fibrinogen darah yang lebih tinggi dibanding orang yang tidak merokok. Peningkatan kadar fibrinogen ini dapat mempermudah terjadinya penebalan pembuluh darah sehingga pembuluh darah akan menjadi sempit dan kaku. Dengan demikian, dapat menyebabkan gangguan aliran darah.


Sekian ulasan singgkat dari saya, sekarang yang tidak tahu Apa Itu Penyakit Stroke ? bisa tahu secara detail dan penyebab timbulny stroke. semoga dengan artikel ini kita dapat menjaga pola hidup kita supaya lebih baik dan terhindar dari penyakit Stroke.

0 comments:

Post a Comment