Apa Itu Penyakit Diare dan Cara Mengatasi Penyakit Diare Secara Alami

.
Apa Itu Penyakit Diare dan Cara Mengatasi Penyakit Diare  Secara Alami
Apa Itu Penyakit Diare dan Cara Mengatasi Penyakit Diare  Secara Alami - Diare atau yang lebih umum disebut oleh masayarakat Indonesia mencret adalah suatu gangguan pencernaan yang sangat menyiksa penderitanya, dan bila terlalu serius dapat membuat penderita kehilangan cairan tubuh dan akan membuat tubuhnya menjadi lemas. Gejala yang umum dari penyakit diare adalah perut akan terasa sakit dan akan berakhir dengan buang air, dimana tinjanya berubah menjadi cair. Tak jarang di negara-negara sedang berkembang adalah salah satu penyebab kematian paling umum pada bayi dan balita.

Penyakit diare dapat menyerang kesegala kalangan dari orang dewasa sampai balita. Penyebab umum diare adalah faktor makanan, misalnya makanan yang dikonsumsi terlalu asam dan pedas, makanan yang mengandung bakteri, dan masih banyak lagi. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi vitamin c dapat meynyebabkan diare.

Bila anda sekarang sedang menderita diare sebaiknya jngan dibiarkan diare menyerang terlalu lama, karna akan membuat tubuh anda lemas dan kemungkinan dirawat di rumah sakit. Sebelum anda mengkonsumsi obat diare, tidak salahnya anda terlebih dahulu mengkonsumsi obat diare dari bahan alami agar meminimalisir efek samping yang di timbulkan obat kimia.

Cara Mengatasi Penyakit Diare Secara Alami


1. Perbanyak Minum Air Putih

Air Putih
Untuk obat diare yang pertama adalha perbanyak minum air putih. Saat terkena diare cairan tubuh akan ikut terbuang saat buang air besar yang akan membuat anda dehidrasi dan membuat tubuh anda menjadi lemas. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih, anda juga bisa meminum jus yang aman bagi diare atau meminum larutan oralit untuk menghentikan frekuensi buang air besar anda.

2. Jangan Mengkonsumsi Makanan Yanga Berserat
Makanan Yanga Berserat

Bila anda  sedang terserang diare dan anda mengkonsumsi makanan yang berserat justru akan memperburuk keadaan anda. Sebaiknya anda tidak memakan makanan yang berserat karena akan membuat tinja anda akan semakin lembek. Konsumsilah makanan yang dapat menjadi obat bagi diare anda seperti salah dan buah pohon sagu, karena buat tersebut dapat membuat tinja anda menjadi lebih padat.

3. Jangan Minum Susu
Susu

Wlaupun susu adalah jenis minuman yang sehat bagi tubuh anda, sebaiknya bila anda sekarang sedang diare berhentilah mengkonsumsi susu. Karena susu mengandung asam yang dapat memperburuk keadaan anda. Namun beda halnya dengan yohurt karna yohurt mengan dung bakteri yang baik untuk kesehatan perut anda.

4. Ramuan Dari Beras Ketan Dan Kunyit

Beras Ketan

Selain cara diatas, anda dapat mencoba ramuan yang satu ini. Caranya adalah dengan menyangrai 100gram beras ketan dan membakar 1 jari kunyit. Setelah keduaya hangus, tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Cara penggunaan ramuan ini adalah dengan menyeduhnya dengan air panas. Satu sendok makan untuk satu kali seduh, minumlah ramuan ini  tiga kali sehari secara teratur sampai diare anda sembuh.

5. Cuka Apel
Cuka Apel

Bila anda malas atau tidak sempat membuat ramuan beras ketan, anda bisa mencobata meminum cuka apel. Cara penggunaannya cuku simple. Tuangkan beberapa tetes cuka apel kedalam segelas air putih. Minum cuka apel secara teratur sampai diare anda sembuh.


Itulah beberapa obat tradisional untuk penyakit diare semoga dapat bermanfaat bagi anda dan bagi anda yang sedang sakit semoga lekas sembuh.

0 comments:

Post a Comment